Cinta Bumi Pilih Deterjen Ramah Lingkungan Di Desa Muncang Kecamatan Bodeh


media online 86berita.co.id
Provinsi jawatengah
Cinta Bumi, Pilih Deterjen Ramah Lingkungan! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Lakukan Sosialisasi Penggunaan Detergen Bio-Degradable Untuk UMKM Laundry di Desa Muncang





Pemalang 
- Mahasiswa KKN Tim II UNDIP telah melakukan sosialisasi kepada salah satu UMKM Laundry, Desa Muncang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang pada Sabtu (22/07/2023).
Melihat kondisi yang ada, bahwa tingkat pencemaran air di Indonesia masih sangat tinggi. Pencemaran berat terutama terjadi di kawasan laut sekitar dekat muara sungai dan kota-kota besar. Komponen-komponen yang menyebabkan pencemaran laut seperti partikel kimia, limbah industri, limbah pertambangan, limbah pertanian dan perumahan, kebisingan, atau penyebaran organisme invasif (asing) di dalam laut yang berpotensi memberi efek berbahaya, hal tersebut disampaikan Shafina Amalia Yahya Mahasiswa Undip Prodi Oseanografi fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan tahun 2020.




Lebih lanjut Shafina Amalia Yahya menambahkan, bahwa Data BPS menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2021, terdapat 10.683 desa/kelurahan di Indonesia yang mengalami pencemaran air. Mayoritas pencemaran air, yakni 1.310 diantaranya ditemukan di Jawa Tengah dan dihasilkan dari limbah rumah tangga, misalnya air sisa hasil penggunaan deterjen. Deterjen konvensional yang mengandung bahan kimia seperti fosfat dan surfaktan sintetis, umumnya sulit untuk terurai oleh lingkungan, sehingga dapat mencemari air dan tanah.

Oleh karena itu sebagai masyarakat yang turut serta menyumbang limbah pada perairan dan juga sebagai upaya percepatan tercapainya target poin ke-14 SDGs, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro melakukan kampanye sosial penggunaan deterjen bio-degradable yang ditujukan untuk UMKM Laundry yang berada di Desa Muncang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dilakukan guna memberikan sosialisasi serta penyebaran leaflet, jelas Shafina Amalia Yahya.


Kami dibawah yang tergabung dalam KKN Tim II Universitas Diponegoro yang bertugas di Desa Muncang, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang dibawah arahan Dosen Pembimbing Ir. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D., IPU dan Yanuar Yoga Prasetyawan., S.Hum., M.Hum, serta Faradhina Azzahra., ST., M.Sc mengenalkan jenis deterjen bio-degradable adalah jenis deterjen yang dirancang untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Deterjen bio-degradable mengandung bahan-bahan yang ramah lingkungan dan mudah diuraikan oleh mikroorganisme alami, sehingga tidak menyebabkan dampak negatif yang signifikan pada ekosistem.

Dalam era digitalisasi ini kami beradaptasi dengan juga melakukan kampanye melalui sosial media guna meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kelebihan penggunaan deterjen biodegradable. Kampanye ini dibuat melalui konten reels instagram pada akun UMKM Laundry yang sekaligus merupakan salah satu konten marketing sebagai ajang promosi dan edukasi bagi masyarakat pengguna media sosial. Melalui kampanye ini diharapkan dapat tumbuh kesadaran kolektif masyarakat, khususnya bagi pelaku usaha Laundry serta masyarakat yang berumah tangga, untuk mulai mengubah perilaku, yakni dengan mengganti penggunaan deterjen biasa dengan deterjen bio-degradable, pungkas Shafina Amalia Yahya. (MH86B).


Dipublikasikan oleh media online

Mujihartono
Jurnalistik kaperwil jawa tengah

https://www.media 86berita online.co.id

MEDIA OLINE 86BERITA PROP.JATENG bekerja sama dengan MEDIA SILAMPARI BERITA / (86berita.com) MUJIHARTONO jurnalistik kaperwil jateng REDAKSIONAL DITERBITKAN BERDASARKAN : Undang-Undang Pers No. 40/1999 Pasal 40 Ayat 1 (Kemerdekaan Pers Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama