Anniversary Omah Tani Ke.25 th dalam Tema Kobarkan Semangat Perjuangan


media online 86berita.co.id provinsi jawa tengah


Anniversary Omah Tani ke-25 Bandar - Batang Kobarkan Semangat Perjuangan

BATANG, JAWA TENGAH
Ribuan para petani hadir meriahkan HUT hari jadi atau dengan kata lain Anniversary Omah Tani ke-25. Acara digelar di gedung Eks Islamic Centre Desa Simbangdesa, Kecamatan Tulis, Sabtu ( 1/7/2023 ).


Dari pantauan awak media, selain tumpah ruah para petani yang hadir pada acara tersebut, sejumlah sejumlah tokoh, kepala desa setempat, staff khusus dari kementrian ketenagakerjaan RI, calon anggota DPR - RI dari PKB, serta salah satu aktivis terbaik dari omah tadi yang bakal maju dalam pemilihan Bupati Batang pada 2024 mendatang ( Bung Toni Triyanto SH ), serta para tamu undangan lainya.

Dalam keterangan pers - nya disela kegiatan, Bung Toni Triyanto ( Bakal Calon Bupati Batang 2024 ) menyampaikan, bahwa dirinya tengah - tengah para petani pada kesempatan ini ( anniversary Omah Tani ke 25 tahun ) itu karena bagian keluarga besar para petani omah tani Bandar - Batang. Ia adalah salah aktivis yang selama ini selalu hadir, selalu ada dan manjadi bagian dari pelaku sejarah perjuangan petani bersama omah tani


"Saya dibesarkan dalam pergerakan selama ini selalu bersama - sama dengan Omah Tani dan para petani, semenjak saya masih sekolah ( mahasiswa )," ungkapanya


"Saya aktivis, bersama Papi, sapaan akrab Handoko Wibowo, SH., Dan teman-teman petani. Saya juga pernah tinggal di (Omah Tani Bandar) bertahun-tahun, sampai ada hasil yang nyata, ada progres dari perjuangan yang para petani dibawah komando Papi Handoko Wibowo," imbuh bung Toni.


Terbukti, reklaiming beberapa hektar lahan di Desa Simbangdesa untuk para petani yang ada di kabupaten Batang. Itulah salah satu buah hasil gerapakan Omah Tani yang dikomandoi oleh Handoko Wibowo, SH.

Lebih lanjut dikatakan oleh Bung Toni, untuk diketahui, ia kini menjadi salah satu dosen di Universitas Sultan Agung Semarang juga menyebutkan, peringatan ulang tahun sebagai refleksi Omah Tani sebagai organisasi petani lokal di Batang yang mampu melakukan perjuangan untuk gerakan reformasi agraria, seperti ketentuan yang tertuang dalam Undang undang pokok Agraria No 5 Tahun 1960.

"Organisasi petani yang solid dan bukan sekedar wadah untuk melakukan aksi-aksi demo ya ada di Omah Tani, perjuangan serta pergerakan yang nyata pro rakyat, pro petani," terangnya.

Di Omah Tani, para petani mendapat pelatihan ( diedukasi ), kursus maupun Diklat. Para petani juga diedukasi untuk melakukan audiensi dengan pemerintah setempat maupun BPN, atau pihak - pihak terkait," paparnya.


Omah Tani sebagai sekolah alternatif yang digagas dan dibangun oleh Handoko Wibowo sebagai tempat berkumpul dan belajar gerakan petani lokal yang ada diwilayah Kabupaten Batang pada khususnya.

Saat disingung dirinya bakal maju sebagai Bupati Batang 2024 mendatang, Toni Triyanto mengatakan, niat dan tekadnya untuk maju sebagai calon bupati Batang, puncak dari suatu pergerakan kita harus masuk kedalam sistem pemerintahan agar terus bisa perjuangkan hak - hak rakyat. Untuk mencapai tujuan itu, Ia ( Toni Triyanto ) siap maju berkompetisi di pesta demokrasi 2024 mendatang sebagai calon bupati Batang.

"Komunikasi dengan dengan para petani, butuh, serta kelompok dan para komunitas di Kabupaten Batang Alhamdulillah selama ini terjalin sangat baik. Saya telah melakukan kajian, diskusi dengan para tokoh, dan mas Handoko. Beliau mendukung, karena saat ini dikabupaten Batang sangat dibutuhkan pemimpin yang mampu memahami sosiologi masyarakatnya, sehingga kebijakan - kebijakan yang diambil nantinya berbasis pada kepentingan masyarakat," pungkasnya.

Senada disampaikan oleh Papi Handoko Wibowo, SH., ( Pendiri/Pembina Omah Tani Bandar - Barang ), Puji syukur Alhamdulillah, omah tani yang kini telah masuk diusia 25 tahun, banyak bermanfaat untuk para petani disini ( Batang ), salah satu bukti nyata hasilnya yakni, reforma agraria yang hasilnya sudah dinikmati oleh para petani

"Omah tani bersama para petani akan terus berjuang bersama guna meningkatkan kesejahteraan, kami tak akan berhenti sampai disini, kita akan terus perjuangkan agar para petani dapat memiliki lahan sendiri untuk bertani. Hidup petani...!!! Hidup Rakyat...!!! Tutup Handoko Wibowo, SH.

Acara Anniversary OMAH TANI ke - 25 Tahun. Dimeriahkan oleh sejumlah kesenian seperti Tari Sufi, Tari Tradisional Oleh Penari Cilik, Puisi, Perfome dari Komunitas Waria yang sangat kocak, serta Doorprize untuk para petani yang hadir.


Oleh
Susmono

MH86B

Dipublikasikan oleh media online

MujiHartono Jurnalistik Kaperwil jawa tengah
https://www.media 86berita online.co.id

MEDIA OLINE 86BERITA PROP.JATENG bekerja sama dengan MEDIA SILAMPARI BERITA / (86berita.com) MUJIHARTONO jurnalistik kaperwil jateng REDAKSIONAL DITERBITKAN BERDASARKAN : Undang-Undang Pers No. 40/1999 Pasal 40 Ayat 1 (Kemerdekaan Pers Dijamin Sebagai Hak Asasi Manusia)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama